Hati-Hati ‘Worm Twitter’


Para pemilik akun Twitter sebaiknya kini berhati-hati ketika bercengkrama di dunia maya, karena Kaspersky Lab, pengembang konten keamanan dan solusi manajemen ancaman komputer, telah mengindikasikan adanya ‘worm Twitter’ yang memanfaatkan media sosial itu.

Cata kerja worm Twitter baru itu dengan memanfaatkan layanan penyingkat URL atau link dari Google, yakni goo.gl. Penyingkat URL itu digunakan dalam sistem micro-blogging, sistem yang juga diterapkan Twitter.
Hanya saja, link yang dipersingkat dapat mengancam keamanan komputer, karena teks URL yang disingkat itu sering tidak jelas dan pengguna tidak mengetahui isinya. Alhasil pemilik akun justru mengakses situs yang telah terinfeksi virus atau ancaman lainnya.
Biasanya worm Twitter yang baru ditemukan itu mengarahkan pengguna Twitter ke halaman situs yang menyediakan antivirus palsu bernama ‘Security Shield’. Halaman itu menggunakan tehnik kode yang disamarkan termasuk menerapkan kriptografi RSA dalam JavaScript.
Nicolas Brulez, peneliti malware pada Kaspersky Lab, menemukan bahwa ketika pengguna Twitter berada dalam situs itu, pengguna akan menerima peringatan bahwa komputernya akan menjalankan aplikasi yang mencurigakan.
Peringatan itu mendesak pengguna untuk menghapus semua ancama dari komputer mereka dan mengunduh antivirus palsu tersebut. Akibatnya setelah diundug program itu akan menyebabkan komputer terinfeksi program jahat.
Para ahli dari Kaspersky Lab, seperti yang dilaporkan dalam siaran persnya, telah menemukan ribuan pesar Twitter yang terus menyebarkan worm tersebut. Sayangnya, Kapersky tidak merinci bahaya apa yang bisa disebabkan oleh worm terbaru itu.

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: