Media Massa Pilar Kelima Pendidikan


Media massa merupakan pilar kelima pendidikan setelah keluarga, sekolah, masyarakat, dan rumah ibadah, kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rochmat Wahab.

“Media massa dapat memainkan peran besar dalam pendidikan informal melalui informasi atau berita,” katanya di Yogyakarta, Selasa.

Dalam diskusi Peran Edukasi Media Massa dalam Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat, ia menilai, media massa dapat memainkan peran dalam penyampaian informasi tentang materi pendidikan.

“Media massa mampu memberikan informasi yang sangat kaya dan terbaru, bahkan kualitas informasinya juga sangat baik dan tinggi,” katanya.

Ia mengatakan, media massa dapat mentransformasikan nilai-nilai pendidikan melalui informasi yang didesiminasikan. Setiap informasi dalam media massa selalu mengandung nilai-nilai.

“Nilai-nilai yang dikandung media massa seharusnya memberikan manfaat bagi kehidupan manusia terutama dalam perbaikan martabat manusia, bukan sebaliknya yang justru menjatuhkan martabat manusia seperti tampilan kekerasan dan konflik,” katanya.

Dalam konteks itu, menurut dia, tim redaksi diharapkan memainkan peran penting dalam menyaring informasi yang berpotensi dan berdampak kurang baik bagi setiap individu, masyarakat, dan bangsa.

Ia mengatakan, media massa juga dapat digunakan untuk mempercepat proses penuntasan wajib belajar terutama bagi peserta didik yang berada di daerah pinggiran. Hal itu tidak dapat diabaikan.

“Dengan memperhatikan kondisi objektif geografi Indonesia, untuk menjamin terjadinya proses pendidikan untuk semua, kita harus memanfaatkan jasa media massa dengan tetap menjaga komitmen untuk mempertahankan mutu,” katanya.

Menurut dia, untuk menjadikan nilai tambah media massa sudah waktunya setiap terbitan atau edisi laporan ada berita dan kolom atau sesi khusus tentang pendidikan, baik yang berkenaan dengan berita atau informasi maupun substansi pendidikan.

“Hal itu perlu dilakukan karena selama ini yang terjadi justru berita tentang olahraga, politik, dan ekonomi yang terkadang menghabiskan lembar atau menit dalam agenda media massa, baik media cetak maupun elektronik,” katanya.

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s