DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JABAR


Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Terdapat 608 sekolah/lembaga penerima dana bantuan pada 3 (tiga) kegiatan yang dibiayai melalui DIPA Ditjen Mandikdasmen TA 2007 belum
menyampaikan laporan pertanggungjawaban pemberian bantuan senilai
Rp24.896.470.000,00 dari total penyaluran dana bantuan senilai
Rp157.074.180.000,00 dengan rincian sebagai berikut:
f. Kopertis Wilayah IV Bandung
Terdapat 16 PTS di wilayah Jawa Barat dan Banten yang belum
menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana Bantuan
Operasional Pendidikan (BOP) senilai Rp175.000.000,00 atau 4,60% dari
total nilai bantuan.
g. Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas Terdapat bantuan block grant Peningkatan Mutu Penjaringan Data Pendidikan dan Pengembangan Pangkalan Data Pendidikan pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota pada TA 2007 yang belum dipertanggungjawabkan oleh 3 provinsi dan 20 kabupaten/kota sebesar Rp2.405.000.000,00.
Hal tersebut tidak sesuai dengan Akad Perjanjian Kerjasama yang menyatakan bahwa penerima block grant wajib membuat laporan kepada pihak pertama mengenai pelaksanaan kegiatan (Laporan Kegiatan) secara keseluruhan dan segala sesuatunya yang berhubungan dengan kegiatan tersebut. Kondisi tersebut mengakibatkan pihak pengelola program tidak mengetahui
efektivitas penggunaan dana subsidi oleh penerima subsidi.
Hal tersebut disebabkan para penerima dana tidak melaksanakan kewajibannya untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban sesuai perjanjian pemberian bantuan.
Terhadap permasalahan di atas Depdiknas menjelaskan bahwa sejauh ini
Depdiknas telah mengatur dalam petunjuk pelaksanaan penyaluran block grant mengenai kewajiban menyampaikan laporan pertanggungjawaban namun memang belum ada sanksi yang tegas jika penerima belum menyampaikan laporan.
BPK-RI merekomendasikan Mendiknas agar memerintahkan pimpinan satker terkait untuk menegur secara tertulis penerima bantuan yang belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana, supaya segera menyampaikan laporan kepada pimpinan satker terkait.
10. Terdapat penggunaan langsung PNBP pada beberapa PTN
Dana PNBP di perguruan tinggi dikelola dan ditatausahakan oleh Bendahara Penerima yang diterima melalui rekening atas nama rektor/direktur perguruan tinggi dimaksud, dicatat dan dibukukan di BKU dan segera disetor ke Kas Negara.
Hasil pemeriksaan secara uji petik atas pengelolaan PNBP pada 8 (delapan) perguruan tinggi di wilayah Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten senilai
Rp1.267.808.129.898,00 diketahui adanya penggunaan langsung PNBP senilai Rp71.612.655.612,00 dengan uraian sbb :
a. PNBP tidak masuk rekening penerimaan PNBP atas nama rektor
PNBP dari kerjasama dengan pihak ketiga dan hibah Depdiknas diterima
melalui unit organisasi (Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian
Masyarakat atau Fakultas/Jurusan) yang diterima dan ditampung dalam suatu rekening selain rekening penerimaan dana PNBP yang dikelola
Bendaharawan Penerima. Dana tersebut digunakan langsung untuk
membiayai kegiatan dan dikelola di luar sistem APBN.
Hasil pemeriksaan secara uji petik diketahui adanya PNBP yang digunakan langsung dan tidak masuk melalui rekening penerimaan yang dikelola oleh Bendahara Penerima seluruhnya sebesar Rp49.056.069.362,00 dengan rincian sbb:
Hal tersebut mengakibatkan realisasi penerimaan PNBP dan realisasi belanja dari penggunaan langsung PNBP kurang dilaporkan dalam LRA masing-masing sebesar Rp71.612.655.612,00.
Hal tersebut terjadi karena:

Iklan

Penulis: Harian Warta Nasional

Saya, Rekson Hermanto, Pemimpin Redaksi Harian Warta Nasional mengucapkan selamat datang di website harianwartanasional.com. harianwartanasional.com merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada bulan Agustus 2014, di bawah manajemen PT. Nasional Tritunggal Jayautama (Koran Harian Warta Nasional). Pada dasarnya harianwartanasional.com menyajikan berita dan memiliki konten yang selaras dengan koran Harian Warta Nasional. Namun, berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada pembaca yang ingin membaca berita secara cepat, akurat, dan efisien dalam hal waktu. Berita dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi lebih pendek dan lebih mudah dinikmati para pembaca di internet. Kami berbenah dengan menyuguhkan kepada pembaca yang budiman berita berita aktual, tajam, kristis dan terpercaya dan terus berupaya melaksanakan pembaruan dalam berbagai bidang pemberitaan yang profesional, guna membentuk jati dirinya sebagai “Jurnalist Tangguh”. Hal ini terkait dengan amanat UU PERS No 40 Tahun 1999 yang telah menempatkan posisi dan fungsi “Jurnalis Tangguh” sebagai sosial kontrol yang bebas dari pengaruh pihak manapun, Independen”. Oleh karena itu, keberadaan Website harianwartanasional.com mengimformasikan data yang tersaji di dalamnya dan diharapkan bisa membantu kita semua untuk lebih memahami peran, posisi, serta fungsi Jurnalis, dalam upaya penegakan hukum di negara kita.

3 thoughts on “DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JABAR”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s